8 Game Anime yang Dikonfirmasi akan Dirilis Tahun 2020

gcsgames ,Anime memang bagian dari kultur pop Jepang yang tak bisa terpisahkan. Ia adaptasi berbagai kultur pop lain yang sempat populer. Mulai dari manga, novel, maupun karya seni lainnya. Namun tak jarang, banyak yang mengadaptasinya sebagai sebuah karya standalone. Gundam contohnya yang dimulai dari anime dan bukan manga maupun tulisan lain.

Hal ini juga berlaku dalam video game. Tak semua video game dengan tampilan visual cell shading ala anime merupakan adaptasi dari karya terkenal. Terkadang mereka justru membuat gaya gambar tersebut untuk menjadi sebuah video game. Terkenal ataupun tidak tergantung dengan kualitas gamenya masing-masing. Namun tak jarang game dengan gaya seperti itu justru diadaptasi ke dalam anime. God Eater dan Tales of Zestiria contohnya, yang sukses pindah ke anime yang dikerjakan oleh ufotable, studio animasi di balik kesuksesan anime Kimetsu no Yaiba.

Setelah 2019 Bandai Namco juga sukses menggempur industri video game dengan game bergaya animenya. Tahun 2020 rupanya mereka telah persiapkan banyak sekali game anime yang siap dilepas tahun ini. Tak hanya Bandai Namco, beberapa publisher dan developer lain juga siap meramaikan game berjenis sama di tahun 2020. Apa saja gamenya? Yuk simak daftar berikut!

Note:
  • Daftar ini cakup game yang akan dirilis mulai Februari 2020 saja.
  • Game anime yang dirilis bulan Januari 2020 tidak masuk daftar.
  • Game tanpa tanggal rilis pasti tidak akan masuk daftar.
  • Hanya game dengan tampilan visual anime, bukan model seperti “Final Fantasy”.

8. Granblue Fantasy Versus


  • Developer/Publisher: Arc System Works / Cygames
  • Tanggal Rilis: 6 Februari 2020 (Jepang)
  • Platform: PlayStation 4

Berawal dari game mobile yang sangat sukses di Jepang, Cygames mencoba untuk hadirkan Granblue Fantasy untuk console utama. Awalnya mereka hanya mengumumkan Granblue Fantasy: Project Re-Link yang akhirnya menjadi Relink sebagai game action RPGnya. Mereka dibantu oleh Platinum Games untuk mengerjakannya. Sayang, kontraknya tidak dilanjutkan dan pindahkan pengembangan gamenya secara internal melalui tim yang mereka miliki.

Di saat yang bersamaan, Cygames umumkan game console keduanya yang “lebih mudah” dan cepat dikembangkan dibanding RPG. Game ini angkat genre fighting dengan judul Granblue Fantasy Versus. Dikembangkan bersama Arc System Works yang sudah piawai mengerjakan Dragon Ball, Blazblue, hingga Guilty Gear, Cygames percaya bahwa setiap karakternya di Granblue Fantasy bisa dibuat ulang dengan aplikasikan setiap abilitynya dalam game teranyarnya tersebut. http://bit.ly/togelmas

7. One Punch-Man: a Hero Nobody Knows

  • Developer/Publisher: Spike Chunsoft / Bandai Namco Entertainment
  • Tanggal Rilis: 28 Februari 2020
  • Platform: PC, PlayStation 4, Xbox One

Dari banyaknya konsep komik yang sempat muncul di pasaran, One Punch-Man mungkin menjadi salah satu yang paling unik. ONE sebagai penulis cerita dan Murata Yusuke (Eyeshield 21) sebagai komikus mengangkat bagaimana nasib tokoh utama jika ia telah dianugerahi kekuatan paling kuat di dunia. Bahwa ia bisa mengalahkan musuh apapun hanya dengan sekali pukulan.

Konsep tersebut dieksekusi dengan bumbu komedi kental dan diterima dengan sangat baik oleh penggemar komik di Jepang sana. Dan sama seperti kebanyakan komik atau manga populer di Jepang sana, One Punch-Man mendapatkan adaptasi anime, namun tak ada yang menyangka bahwa ia juga diadaptasi dalam bentuk video game dengan judul One Punch-Man: A Hero Nobody Knows. Membayangkannya saja sudah menjadi tidak balance sama sekali mengingat tokoh utamanya, Saitama terlalu kuat. Beruntung, Bandai Namco dan Spike Chunsoft berhasil melakukan balance dengan sedemikian rupa dengan membuat Saitama seolah terlambat hadir dalam pertempuran dan mengalahkan semuanya jika musuh tak berhasil mengalahkanmu dalam waktu yang disediakan.

6. Sword Art Online Alicization Lycoris

  • Developer/Publisher: Aquria / Bandai Namco Entertainment
  • Tanggal Rilis: 22 Mei 2020
  • Platform: PC, PlayStation 4, Xbox One

Ikuti serial animenya hingga yang paling baru. Sword Art Online Alicization Lycoris mencoba untuk dekati dunia animenya yang kini lebih dark dari biasanya. Kamu masih tetap bisa memerankan karakter edgy harem king Kirito untuk melanjutkan kisah yang diadaptasi dari Alicization Beginning hingga Lasting di volume 18. Tentunya kamu akan tetap bisa bertemu waifu baru untuk lengkapi “koleksi” harem-mu.

Gameplaynya sendiri masih sama seperti game Sword Art Online lainnya. Kamu akan mengendalikan satu karakter dengan beberapa karakter lain yang mengikutimu. Namun jika kemarin kamu memainkan Fatal Bullet, maka Alicization Lycoris akan sedikit berbeda. Karena ia muncul dengan senjata melee dan animasi yang lebih halus. Meski selayang pandang terlihat cukup lambat.

5. My Hero: One’s Justice 2

  • Developer/Publisher: BYKING Studios / Bandai Namco Entertainment
  • Tanggal Rilis: 13 Maret 2020
  • Platform: PC, PlayStation 4, Nintendo Switch, Xbox One

Angkat tema super hero layaknya Marvel maupun DC, My Hero Academia langsung populer di Jepang. Kepopulerannya tak menunggu waktu lama hingga ke seluruh dunia. Manga karya Horikoshi Kohei tahun 2014 tersebut mendadak diangkat dalam bentuk anime pendek pada tahun 2016. Seolah ingin saingi keberadaan One Punch-Man yang ngetop terlebih dahulu. Populer, Bandai Namco rupanya mengangkatnya menjadi video game dengan judul One’s Justice. Namun karena masalah lisensi, seri keduanya yang lebih lengkap mengganti judul panjangnya dari My Hero Academia, menjadi My Hero: One’s Justice 2.

Seri ini akan hadirkan berbagai karakter baru yang belum pernah muncul dalam iterasi pertama. Beberapa karakter seperti Mineta, Ashido, dan the big three: Mirio, Tamaki, dan Nejire menjadi tambahan yang sangat berharga dalam gamenya. Beberapa musuh lain seperti Noumu, Overhaul, Twice, Mr. Compress, hingga wujud awakened Shigaraki Tomura juga akan muncul dalam gamenya.

4. Fairy Tail

  • Developer/Publisher: Gust / Koei Tecmo
  • Tanggal Rilis: 20 Maret 2020
  • Platform: PC, PlayStation 4, Nintendo Switch

Meski masuk dalam jajaran Shonen Jump, namun sepertinya Fairy Tail adalah salah satu franchise yang tak disentuh sama sekali oleh Bandai Namco untuk dibuatkan gamenya. Konami adalah salah satu perusahaan yang sempat menyentuhnya. Kini setelah komik dan animenya tamat, giliran Koei Tecmo yang memegang lisensinya. Bersama Gust, developer game Atelier. Mereka mencoba untuk hadirkan Fairy Tail dalam bentuk turn-based RPG.

Kamu bisa menggunakan karakter utama Fairy Tail seperti Natsu, Lucy, Gray, dan Erza dalam satu tim. Namun menariknya, kamu bisa kombinasikan karakter kuat dari guild lain seperti Sting hingga Minerva. Buat komposisi timmu menjadi yang terbaik dari yang pernah muncul dalam anime maupun manganya.

3. One Piece: Pirate Warriors 4

  • Developer/Publisher: Omega Force / Bandai Namco, Koei Tecmo
  • Tanggal Rilis: 27 Maret 2020
  • Platform: PC, PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch

Iterasi keempat dari seri game rusuh, One Piece Pirate Warriors mungkin akan menjadi salah satu game yang paling ditunggu oleh banyak fansnya. Pasalnya, ia akan hadirkan beberapa fitur baru yang belum pernah ada di seri sebelumnya. Salah satunya adalah mode online co-op. Selain itu, Bandai Namco dan Omega Force juga akan coba untuk ceritakan beberapa kisah dari anime maupun manganya saat gamenya dirilis nanti. Beberapa tokoh seperti Big Mom, Kaido, dan boss-boss raksasa lain seperti Pica juga akan ikut di dalamnya.

2. Persona 5 Royal

  • Developer/Publisher: ATLUS / ATLUS
  • Tanggal Rilis: 31 Maret 2020
  • Platform: PlayStation 4

Bisa dibilang Persona 5 Royal merupakan versi lengkap dari Persona 5. Selain tambahkan cerita dan karakter baru, mereka juga ubah semua setting, battle, boss, dan beberapa dungeonnya menjadi lebih baik. Dari beberapa orang yang telah memainkan versi Jepangnya yang telah dirilis terlebih dahulu, terdapat musuh baru yang mungkin bakal bisa kamu manfaatkan. Manajemen waktu juga menjadi lebih leluasa dibanding iterasi pertamanya. Jadi, jika kamu belum pernah memainkan versi orisinalnya, maka Royal bisa menjadi pilihanmu dengan jam permainan super panjang lebih dari 110 jam. Tentunya, jika kamu fans berat gamenya kamu juga bisa memainkannya sekali lagi.

1. Trials of Mana Remake


  • Developer/Publisher: Square-Enix / Square-Enix
  • Tanggal Rilis: 24 April 2020
  • Platform: PC, PlayStation 4, Nintendo Switch

Muncul tahun 1995 di Super Famicom di Jepang, Trials of Mana yang angkat top-down RPG action dengan tampilan visual pixel akhirnya dapatkan versi remakenya tahun ini. Kini, dengan tampilan visual 3D dan mekanik sandbox dungeon yang diimplementasikan Square-Enix. Kamu akan memerankan Duran dan Angela untuk mencari pedang legendaris Mana dan mencegah Benevodon menghancurkan dunia. Jika gamenya dibuat sama persis seperti game orisinalnya, maka ia akan miliki cerita super padat dengan tiga plot utama dan enam karakter utama yang masing-masing memiliki ceritanya sendiri.

Itulah 8 game anime yang akan dirilis tahun 2020. Seperti yang telah ditulis sebelumnya, game yang kami cantumkan adalah game yang telah pasti tanggal rilisnya. Sementara game lain yang belum dipastikan tanggal rilisnya tidak kami masukkan. Mungkinkah kamu memiliki game anime lain yang diprediksi akan rilis tahun 2020?

Leave A Reply

Your email address will not be published.